Waspada, Perempuan Rentan Anemia

30 05 2009

Banyak wanita menganggap enteng anemia. Padahal, kondisi yang juga disebut kurang darah ini lebih banyak menyerang wanita. Haid bulanan, kehamilan, proses melahirkan, dan diet yang berlebihan, dianggap sebagai biang keladi timbulnya anemia pada wanita.

Pada tahap ringan anemia sering tak menimbulkan gangguan berarti. Padahal, kalau dibiarkan berlarut-larut, bukan saja menurunkan kualitas hidup, tapi juga bisa membawa kematian.

Saat ini, di seluruh dunia, diperkirakan 400 juta wanita mengidap anemia. Menurut data Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT), anemia di Indonesia masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang mempengaruhi produktivitas dan aktivitas penderitanya, bahkan merupakan salah satu penyebab kematian ibu.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia, 20 persen dari total jumlah kematian maternal di seluruh dunia disebabkan anemia. Di Indonesia, Survei Kesehatan Rumah Tangga Tahun 2001 menyebutkan, anemia defisiensi besi 25 – 30 persen dari total populasi di mana dari perempuan hamil tercatat 50,9 persen yang menderita anemia.

“Kebanyakan orang salah mempersepsikan anemia sebagai penyakit. Padahal, anemia bisa juga merupakan sindroma klinik akibat kelainan penyakit dasar, misalnya hati, kanker atau ginjal, yang tentunya semua ini perlu dipahami dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat mengetahui tentang seputar Anemia,” kata dokter spesialis penyakit dalam Indra Marki, koordinator seminar bertema Anemia dan Wanita yang diprakarsai Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia atau PAPDI, Kamis (27/11), di Jakarta.

Anemia umumnya terjadi karena asupan zat besi yang kurang dari makanan yang dikonsum si sehari-hari, dan masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pemenuhan nutrisi yang seimbang, pola makan masih sekedar mementingkan selera dan kepuasan makanan tanpa memikirkan pemenuhan nutrisi yang seimbang dan baik.
good luck


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: