STUDI PEMANFAATAN MINYAK NABATI/VEGETABLE OIL SEBAGAI BAHAN PELINDUNG ISOLATOR DI SALURAN UDARA UNTUK DAERAH POLUSI

5 06 2009

ABSTRAK

Isolator string adalah salah satu peralatan listrik yang memegang peranan penting dalam penyaluran energi listrik. Bila isolator string dipasang pada saluran transmisi yang melintasi daerah tingkat polusi yang tinggi seperti daerah pantai atau daerah industri besar maka polutan terbawa udara akan mudah menempel pada permukaan isolator dan dapat mempengaruhi nilai tahanan permukaan isolator string sehingga distribusi tegangan isolator string semakin tidak merata terutama pada kondisi permukaan isolator mengalami kondisi basah berpolusi yang menyebabkan tahanan permukaan isolator string tidak seragam (uniform).
Untuk mempelajari dan bagaimana upaya memperbaiki distribusi tegangan isolator string agar tetap merata dan mampu menahan tegangan tembus yang diterapkan, dalam penelitian ini dibuat polusi buatan dengan larutan pengotor (air mineral+ NaCl+ kaolin) yang komposisinya berbeda-beda, yaitu 55 gr/ltr, 70 gr/ltr, 85 gr/ltr (NaCl+ air mineral) dicampur dengan 40 gr kaolin setiap komposisinya. Hasil yang didapat bahwa kondisi basah berpolusi akan menyebabkan distribusi tegangan isolator string mengalami penurunan yang besar dari kondisi isolator string dalam keadaan bersih dan kering dan untuk mempertahankan atau memperbaikinya diuji minyak nabati (minyak kopra dan miyak bimoli) dan sebagai pembandingnya adalah lemak gemuk dan minyak silikon.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perlindungan/ pelapisan minyak nabati pada permukaaan isolator dapat memperbaiki distribusi tegangan sedikit lebih merata. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lemak gemuk dan minyak silikon yang sebagai pembanding lebih baik dari minyak nabati (minyak kopra dan minyak bimoli). Tetapi dalam pengujian yang terdahulu bahan pelindung yang paling baik adalah lemak silikon yang sudah diuji dan dipakai sebagai pelindung permukaan isolator yang berfungsi sebagai penghambat timbulnya arus bocor yang bisa menimbulkan lewat denyar (flashover) sehingga mengurangi rugi-rugi energi suatu sistem transmisi.

jika temen2 semua ingin punya tensisnya secara detail …….. informasikan disini…..oke!!!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: